Bamsoet: Ricardo Gelael Sosok Inspiratif bagi Sean Gelael

  • Bagikan

JAKARTA – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo berharap pembalap muda Sean Gelael bisa terus menjuarai berbagai kejuaraan balap, baik ditingkat nasional maupun internasional. Di usianya yang baru beranjak 25 tahun, Sean berhasil meraih juara nasional dalam Kejuaraan Nasional Reli Danau Toba 2021. Prestasi tersebut menyamakan capaian sang ayah, Ricardo Gelael yang menjadi juara nasional pada Kejuaraan Nasional Reli di Sumatera Selatan tahun 2006.

“Sosok Ricardo Gelael sangat menginspirasi Sean dalam menggeluti dunia balap. Sang ayah mampu menjadi penggerak hidup, pemecah masalah hingga bahan bakar untuk menggelorakan semangat Sean,” ujar Bamsoet di Jakarta, Jumat (17/12/21).

Ketua DPR RI ke-20 ini menuturkan, Ricardo telah aktif di sejumlah kejuaraan reli, khususnya World Rally Championship Indonesia pada periode 1996-1997. Pada tanggal 8-9 April 2006, Ricardo mengikuti Kejuaraan Nasional Reli di Palembang, Sumatera Selatan. Mengendarai Subaru Impreza WRX Sti, Ricardo tampil sebagai juara nasional setelah meraih waktu tercepat pada 12 SS (Special Stage).

“Ricardo yang didampingi navigator Hervian Soejono, memastikan sebagai juara di Kejurnas Reli di Palembang setelah mencatat waktu dua jam 10 menit 27 detik dalam menyelesaikan lintasan perkebunan sepanjang 167,79 km. Sementara Rizal Sungkar berada di urutan kedua dengan catatan waktu dua jam 10 menit 42 detik. Sedangkan Fauzy Aldjufri yang didampingi oleh navigatornya Machfuzi Harahap berada di posisi ketiga dengan waktu 2 jam 12 menit 42 detik,” kata Bamsoet.

Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB Kodrat) ini menambahkan, kemenangan Ricardo tersebut memicu semangat Sean untuk serius menekuni dunia balap. Sejak umur delapan tahun, Sean telah malang melintang di kejuaraan balap.

“Perjalanan karir Sean sebagai pembalap terus menunjukan prestasi yang memuaskan. Mulai dari Formula Abarth dan Formula Pilota, Formula 3, dan Formula Renault 3.5 championship, GP2 Series yang kini berganti nama menjadi Formula 2, Asian Le Mans Series, hingga menjadi juara kedua dalam balapan ketahanan FIA World Endurance Championship 2021 di Le Mans Paris. Kita harap kedepan Sean akan semakin banyak menjuarai balapan nasional dan internasional,” pungkas Bamsoet. (*)

Total Views: 32 ,
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *