Respon Isu Aktual Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Selasa 9 November 2021

  • Bagikan

1. Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi mengguyur sejumlah wilayah ibu kota negara dan daerah penyangganya sejak Minggu (7/11), sehingga menyebabkan terjadinya banjir dan genangan dengan ketinggian 50-200 Cm. Sejumlah warga yang terdampak dilaporkan mengungsi ke tempat yang lebih aman. Respon Ketua MPR RI:

A. Menyampaikan keprihatinan atas musibah bencana banjir yang dialami warga di sejumlah wilayah, dan meminta pemerintah daerah setempat segera menangani serta memberikan bantuan bagi warganya yang terdampak.

B. Meminta pemerintah daerah bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tetap bersiaga untuk segera mendata jumlah warga yang terdampak bencana banjir, sekaligus mendata jumlah kerugian akibat bencana banjir di tiap-tiap daerah. Hal ini agar pemerintah dapat segera mengambil langkah penanggulangan bencana yang disesuaikan dengan kondisi setempat.

C. Meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Dinas Sosial untuk segera turun kel apangan guna mengupayakan penyaluran bantuan bagi warga terdampak bencana banjir, namun disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing daerah dan memastikan pendistribusian bantuannya tepat sasaran.

D. Meminta pemerintah daerah khususnya daerah dengan potensi tinggi bencana agar menyiagakan BPBD dan optimalisasi dana Bantuan Tidak Terduga (BTT) untuk tanggap bencana. Hal ini diperlukan sebagai langkah utama dalam penanggulangan bencana, disamping terus mengikuti perkembangan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

2. Pemerintah mengidentifikasi adanya kenaikan kasus Covid-19 di 155 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Respon Ketua MPR RI:

A. Meminta pemerintah untuk concern terhadap kenaikan kasus Covid-19 di 155 kabupaten/kota dan segera melakukan upaya/langkah yang dapat menekan kasus Covid-19 seperti tetap memberlakukan atau menaikan level PPKM agar kasus tidak terus meningkat.

B. Meminta komitmen pemerintah untuk melakukan intervensi pencegahan kenaikan kasus yang lebih tinggi di daerah dengan mengingatkan semua warga untuk tidak abai melaksanakan protokol kesehatan, sekaligus tetap memonitor perkembangan kasus di tiap-tiap daerah sehingga apabila terjadi kenaikan pemerintah dapat bergerak cepat menekan hingga memutus rantai penularan.

C. Mengingatkan kepada setiap pemerintah daerah, kepala daerah hingga tingkat RT/RW serta masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap tren kenaikan kasus, meskipun pandemi Covid-19 di Indonesia dinilai tetap terkendali dan terus menunjukkan tren perbaikan.

3. Peringatan Hari Pahlawan dengan tema “Pahlawanku Inspirasiku”, akan diperingati pada tanggal 10 November 2021. Respon Ketua MPR RI:

A. Menyampaikan ucapan selamat Hari Pahlawan Nasional, dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memperingati dan mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk bangsa dan negara, dan gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan, mengingat bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa perjuangan pahlawannya.

B. Menyampaikan dan mengimbau orang tua dan guru di sekolah untuk berperan dalam menanamkan semangat patriotik para pahlawan kepada anak-anak, sehingga jasa para pahlawan tidak terlupakan hingga akhir hayat.

C. Mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur para pahlawan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam berjuang memerangi covid-19.

D. Meminta seluruh kementerian dan lembaga/K/L jika akan melaksanakan peringatan atau perayaan untuk memeriahkan hari pahlawan, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan/prokes secara ketat.

Terimakasih.

Total Views: 14 ,
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *