Resmikan deHakims Aviary, Bamsoet Ajak Lestarikan Fauna Indonesia

  • Bagikan

BEKASI – Ketua MPR RI sekaligus Pembina Perhimpunan Kebun Binatang se-Indonesia (PKBSI) Bambang Soesatyo bangga dengan kepedulian artis Irfan Hakim dalam melestarikan berbagai binatang. Salah satunya dilakukan dengan membuat deHakims Aviary diatas lahan seluas 600 meter persegi. Melestarikan sekitar 300 jenis burung berpasangan.

“Dibuat selama lebih kurang satu tahun, akhirnya deHakims Aviary bisa diresmikan pada hari ini. Banyak orang sering salah sangka terhadap para pecinta binatang atau satwa karena dianggap ‘memenjarakan’ binatang. Padahal, langkah kita memelihara binatang justru untuk menyelamatkan mereka. Mengingat alam liar sudah banyak yang tidak lagi kondusif. Selain diganggu perusakan hutan, para binatang juga tidak jarang harus berhadapan dengan pemburu liar,” ujar Bamsoet saat meresmikan deHakims Aviary, di Bekasi, Sabtu (30/10/21).

Turut hadir antara lain, Kepala Seksi Penangkaran Tumbuhan dan Satwa Liar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Inge Yangesa, Kepala Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) DKI Jakarta Abdul Kodir, Camat Pondok Gede Ahmad Sahroni, Lurah Jati Cempaka Amir, serta content creator/Youtuber pecinta binatang Ahmad Alshad.

Ketua DPR RI ke-20 mantan Ketua Komisi III Bidang Hukum & Keamanan DPR RI ini menjelaskan, dari berbagai literatur tergambarkan bahwa Indonesia merupakan negara keempat yang memiliki spesies burung terbesar di dunia, mencapai sekitar 1.794 spesies. Namun akibat kerusakan hutan dan berbagai habitat asli, banyak di antara spesies burung tersebut yang terancam punah. 

“Termasuk jenis burung berkicau yang menjadi keunggulan Indonesia, seperti Kucica hutan (Copsychumalabaricus), Cucak rawa (Pycnonotus zeylanicus), jalak suren (Gracupica contra), hingga burung kacamata atau pleci (Zosterops japonicus),” jelas Bamoset.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, sebagai negara megadiverse yang menjadi tempat tinggal sebagian besar spesies Bumi, Indonesia punya tanggungjawab moral agar 1.531 spesies burung, 515 spesies mamalia, dan banyak lagi yang hidup di alam Indonesia, tidak punah akibat kerakusan ulah manusia. 

“Kehadiran deHakims Aviary selain menjadi inspirasi dalam menyelamatkan binatang, juga bisa menjadi wahana edukasi bagi warga. Khususnya untuk anak-anak, agar bisa lebih lebih mengenal dan mencintai alam serta lingkungan,” pungkas Bamsoet. (*)

Total Views: 22 ,
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *