Respons Isu Aktual Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Rabu 4 Agustus 2021

  • Bagikan

1. Perkembangan Covid-19 di Bali, Yogyakarta, Malang Raya, dan Solo Raya menjadi daerah dengan angka kematian Covid-19 yang masih tinggi hingga saat ini, respons Ketua MPR RI:

A. Meminta Kementerian Kesehatan memberikan dukungan kepada Dinas Kesehatan di empat daerah tersebut untuk meningkatkan kinerja dan mengevaluasi sistem penanganan ataupun perawatan pasien Covid-19 di setiap fasilitas kesehatan khususnya Rumah Sakit, sehingga dapat menekan atau menurunkan tingginya angka kematian di empat daerah tersebut.

B. Meminta kementerian terkait untuk memberikan perhatian khusus kepada empat daerah tersebut dengan meningkatkan upaya-upaya penanganan pasien Covid-19, seperti dengan menambah pusat isolasi terpusat di daerah dengan angka kematian yang tinggi. Disamping melakukan kontrol melalui dokter puskesmas bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri sehingga dapat terpantau perkembangan kesehatannya.

C. Meminta pemerintah pusat untuk segera membentuk task force yang melibatkan TNI-Polri yang nantinya satuan ini akan bertugas menjemput para pasien yang isoman untuk dibawa ke tempat isolasi terpusat, agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Mengingat, banyaknya kasus pemburukan kondisi pasien pada saat isoman di rumah.

D. Meminta komitmen Kementerian Kesehatan, Satgas Penanganan Covid-19 dan para pihak terkait dalam penanganan pandemi untuk terus berupaya menekan angka kasus aktif maupun kasus kematian dengan menetapkan kebijakan-kebijakan yang tepat namun tetap pro rakyat, sehingga dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi rakyat.

E. Mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung dan terlibat aktif dalam setiap kebijakan ataupun program penanganan pandemi Covid-19, salah satunya program vaksinasi Covid-19. Mengingat, sampat saat ini vaksin Covid-19 terbukti menurunkan risiko gejala berat hingga kematian pada pasien Covid-19 yang telah divaksin.

2. Perpanjangan pembatasan mobilitas masyarakat berdampak pada semakin tertekannya usaha pusat perbelanjaan atau mal, respons Ketua MPR RI:

A. Meminta kementerian terkait mempertimbangkan sejumlah aspek dalam menentukan kebijakan seperti antara lain, untuk kembali membuat mal beroperasi secara terbatas dengan syarat-syarat tertentu, sebab perpanjangan pembatasan kegiatan masyarakat saat ini semakin membuat kondisi perekonomian pelaku usaha khususnya di mal mengkhawatirkan.

B. Meminta kementerian terkait apabila tidak memungkinkan untuk membuka pusat perbelanjaan secara offline, agar memberikan solusi terbaik bagi pelaku usaha dan pekerjanya, disamping memberikan strategi perluasan cakupan pemasaran lainnya, seperti strategi pemasaran online atau strategi lainnya, sehingga dapat mencegah terjadinya penutupan usaha karena penjualan tidak berjalan lancar, dan juga pemutusan hubungan kerja.

C. Meminta kementerian dan lembaga memberikan bantuan kepada pelaku usaha pusat perbelanjaan, sebab banyak pelaku usaha ritel yang saat ini sudah mulai kehabisan dana cadangan untuk bertahan di tengah pandemi.

D. Meminta kementerian terkait bahwa apabila kebijakan penutupan pusat perbelanjaan secara terus menerus, maka akan berdampak adanya pemutusan hubungan kerja/PHK karyawan dan tentunya akan menambah jumlah pengangguran. Terkait hal ini, pemerintah perlu menggencarkan penyaluran pemberian bantuan kepada usaha ritel agar dapat tetap bertahan.

Terima kasih.

Total Views: 56 ,
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *