Bamsoet Gelar Turnamen Catur Nasional ‘Indonesia Master’ Tanggal 19 Juni 2021

  • Bagikan

JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) akan menggelar Turnamen Catur Nasional ‘Indonesia Master’ memperebutkan Piala Bergilir Ketua MPR RI dan Piala Tetap Menpora RI. Acara akan diselenggarakan pada 19 Juni 2021, di Lobi Gedung Nusantara V, Komplek Majelis, dan disiarkan secara langsung melalui live streaming di kanal youtube MPR RI dan kanal Youtube Bamsoet Channel.

“Turnamen akan diikuti 50 peserta. Antara lain 3 Grand Master (GM) yakni GM Susanto Megaranto, GM Cerdas Barus, dan GM Novendra Priasmoro. serta Women Grand Master (WGM) Media Warda Aulia. Peserta juga berasal dari kelas Women International Master (WIM) yang menjadi atlet Pelatnas Sea Games 2021, antara lain WIM Chelsie Monica Ignesias Sihite, WIM Dewi Ardhiani Anastasia Citra, WIM Ummi Fisabilillah, WIM Shanti Nur Abidah, dan WIM Dita Karenza (pelatnas Sea Games). Peserta lainnya terdiri dari 19 Master Internasional (MI), antara lain MI Mohamad Ervan, MI Yoseph Theolifus Taher, MI Sean Winshand Cuhendi, MI Farid Firmansyah, MI Muhammad Lutfi Ali, dan MI Danny Juswanto,” ujar Bamsoet dalam Konferensi Pers persiapan Turnamen Catur Indonesia Master, di Press Room MPR RI, Jakarta, Senin (14/6/21).

Turut hadir Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto yang juga Ketua Fraksi PDI-Perjuangan. Hadir pula GM Susanto Megaranto, dan WGM Irene Kharisma Sukandar yang akan menjadi komentator Turnamen Catur ‘Indonesia Master’. Kehadiran komentator sangat penting, agar masyarakat yang menyaksikan turnamen melalui kanal Youtube MPR RI dan Bamsoet Channel bisa lebih memahami jalannya pertandingan.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, selain dijadikan ajang persiapan bagi para atlet catur Pelatnas Indonesia, turnamen Indonesia Master tersebut juga menjadi ajang persiapan bagi GM Susanto Megaranto, WGM Irene Kharisma Sukandar, WGM Medina Warda Aulia, dan Master Internasional Mohamad Ervan menghadapi Piala Dunia Catur 2021 yang akan digelar di Sochi, Rusia, pada Juli-Agustus 2021.

“Untuk pertama kalinya, Indonesia berhasil mengirimkan empat atlet catur ke ajang Piala Dunia Catur. Sebuah hal yang membanggakan. Karenanya sebagai sesama anak bangsa, kita wajib memberikan dukungan dalam bentuk apapun. Termasuk memfasilitasi mereka untuk berlatih dengan menyiapkan ajang turnamen bergengsi di dalam negeri,” jelas Bamsoet.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini mengungkapkan, selain memperebutkan hadiah total mencapai Rp 105 juta, akan ada hadiah menarik door prize bagi para peserta turnamen catur berupa 1 unit motor listrik Bike Smart. Melalui turnamen tersebut, sekaligus bisa mempromosikan percepatan migrasi penggunaan kendaraan konvensional berbagahan bakar minyak ke kendaraan bermotor listrik.

Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto menerangkan, Turnamen Catur ‘Indonesia Master’ merupakan turnamen catur terbesar tatap muka pertama yang diselenggarakan, setelah hampir setahun absen akibat Pandemi Covid-19. Penyelenggaraanya akan tetap mengedepankan protokol kesehatan agar tidak menjadi kluster penyebaran virus Covid-19.

“Selain seluruh peserta dan panitia turnamen sudah divaksin, panitia turnamen juga tetap mewajibkan peserta dan panitia yang datang ke lokasi turnamen terlebih dahulu melakukan swab antigen, menjaga jarak, serta memakai masker. Menunjukan ketatnya protokol kesehatan yang dijalankan,” pungkas Utut Adianto. (*)

Total Views: 25 ,
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *