Respons Ketua MPR RI Jumat 7 Mei 2021

  • Bagikan
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo
1. Hari Palang Merah Internasional diperingati pada tanggal 8 Mei setiap tahun, respons Ketua MPR RI:

A. Menyampaikan selamat memperingati hari jadi, semoga dengan peringatan tersebut menjadikan PMI lebih meningkatkan tugasnya di bidang kemanusiaan, disamping menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada para relawan dan staf yang berjuang menyelamatkan nyawa orang banyak, baik kesiapan dalam pertolongan pertama penanggulangan bencana, maupun donor darah.

B. Meminta pemerintah agar selalu memberikan dukungan kepada Palang Merah Indonesia/PMI sebagai bagian dari Palang Merah Internasional, agar terus dapat menjadi bagian dari lembaga yang dapat diandalkan dalam kesiapan untuk memberikan bantuan pertama pada korban bencana alam dan korban perang sesuai dengan amanat dalam Konvensi Jenewa 1949.

C. Meminta PMI sebagai lembaga kemanusiaan yang mendukung program pemerintah, dan terlibat aktif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan covid-19, serta terus memobilisasi jejaring relawan di seluruh daerah untuk memasyarakatkan kebiasaan baru selama pandemi covid-19.

2. Ribuan orang masih berupaya menerobos penyekatan wilayah dalam rangka untuk menegakkan larangan mudik. Pada hari pertama pemberlakuan larangan mudik, seribu lebih kendaraan dipaksa kembali di berbagai titik penyekatan, respons Ketua MPR RI:

A. Meminta aparat bersama Dinas Perhubungan yang bertugas di pos penyekatan yang disebar di sejumlah titik, untuk siap siaga dalam melaksanakan tugas penjagaan sekaligus menindak tegas pemudik yang masih berupaya menerobos penyekatan wilayah dan tidak bisa menunjukkan dokumen persyaratan perjalanan yang ditetapkan pemerintah.

B. Meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk terus menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai kebijakan larangan mudik yang sudah mulai berlaku per tanggal 6 Mei hingga 17 Mei serta urgensi pembuatan Surat Izin Keluar-Masuk (SIKM) bagi masyarakat yang akan meninggalkan atau menuju DKI Jakarta, mengingat mayoritas pengendara mengklaim belum mengetahui jadwal penyekatan mudik dilsksanakan.

C. Meminta komitmen pemerintah secara tegas mengimplementasikan Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 H dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19, guna menjamin tidak adanya masyarakat yang melakukan mudik tanpa mengindahkan SE tersebut atau lolos dari pengawasan aparat.

D. Mengimbau masyarakat untuk mematuhi dan memahami maksud dan tujuan SE tersebut ditetapkan pemerintah, dan tidak nekat melakukan perjalanan mudik ditengah berlakunya aturan larangan mudik, serta meminta masyarakat untuk menghormati kebijakan tersebut guna keselamatan dan melindungi semua pihak.

3. Persiapan menjelang momen lebaran, dalam rangka memperhatikan kebutuhan stok bahan pokok dan harga, respons Ketua MPR RI:

A. Meminta pemerintah melakukan upaya pemenuhan ketersediaan bahan pokok untuk menghadapi lonjakan permintaan masyarakat terhadap stok bahan baku kebutuhan lebaran.

B. Meminta kesiapan pemerintah dalam menjaga kestabilan harga bahan pokok jelang dan selama masa Lebaran dengan menambah stok bahan kebutuhan pokok, agar tidak jauh lebih tinggi dari harga pokok penjualan/HPP yang telah ditetapkan.

C. Meminta antisipasi pemerintah terhadap penimbunan bahan pokok oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, dengan mempersiapkan jadwal operasi pasar.

Terima kasih.

Total Views: 104 ,
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *