Respons Ketua MPR RI Jumat 9 April 2021

  • Bagikan
Diskusi ‘Konflik Agraria dan Perlindungan Tanah Adat Ditinjau dari UU Ciptakerja’, Bamsoet Dorong Percepatan Reformasi Agraria
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo
1. Kembali terjadi penembakan di Kabupaten Puncak Papua yang diduga dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata/KKB, dan akibat peristiwa tersebut menyebabkan jatuhnya korban seorang guru tewas (08/04/21), respons Ketua MPR RI:

A. Meminta agar Kapolri, Kapolda dan satuan tugas yang berada di Papua untuk menindaklanjuti peristiwa tersebut serta menindak tegas pelaku penembakan serta melakukan patroli untuk memberikan rasa aman bagi warga dan diharapkan tidak terulang kembali penembakan terhadap guru, dikarenakan guru seharusnya mendapatkan perlindungan dan tidak boleh menerima kekerasan dari siapapun, terlebih lagi sangat sulit menemukan guru yang mau mengajar di daerah pedalaman.

B. Meminta Kapolri dan Panglima TNI untuk meningkatkan koordinasi dengan Kapolda dan aparat yang bertugas di lapangan untuk lebih meningkatkan kesiapan dan kewaspadaan dalam menghadapi aksi teror dari KKB, serta diharapkan pemerintah bersama aparat keamanan dapat memprioritaskan dan fokus menjaga keamanan pada wilayah-wilayah rawan konflik.

C. Meminta pemerintah pusat, TNI, dan Polri untuk melakukan pengejaran dan pembersihan KKB yg masih melakukan tindakan kriminal, serta mempersempit ruang gerak KKB juga memutus rantai distribusi dan konsumsi serta sekaligus mengungkap keberadaan KKB agar dapat dilakukan tindakan tegas yang terukur.

D. Meminta komitmen pemerintah pusat, pemda provinsi Papua, TNI, dan Polri untuk memberikan jaminan keamanan terhadap warga Papua agar mereka dapat beraktivitas dengan aman dan nyaman tanpa adanya ancaman kekerasan dari KKB.

E. Meminta pemerintah, apabila diperlukan, melakukan dialog dengan pendekatan yang persuasif bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat di Papua, sehingga diharapkan dapat tercipta rekonsiliasi dan perundingan damai yang dapat menghentikan aksi KKB, dikarenakan keberadaan KKB sudah menjadi pengganggu dan mengancam keamanan hidup masyarakat Papua.

2. Satgas Penanganan Covid-19 merilis data yang menunjukkan adanya peningkatan tren kasus positif dan angka kematian akibat Covid-19 selama sepekan terakhir, respons Ketua MPR RI:

A. Meminta pemerintah pusat, pemerintah daerah dan Satgas Penanganan Covid-19 untuk tidak lengah serta menjadikan tren peningkatan kasus positif Covid-19 dan angka kematian akibat Covid-19 sebagai perhatian, sebab hal tersebut membuktikan bahwa adanya kelalaian dan penurunan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan (prokes), disamping masih kurang optimalnya penanganan pasien Covid-19.

B. Meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Dinas Kesehatan untuk memperkuat sistem pelayanan kesehatan dan meningkatkan kualitas penanganan pasien Covid-19 di setiap rumah sakit rujukan Covid-19, dengan menekan angka penyeban dan angka kematian akibat covid-19, khususnya di daerah yang saat ini memiliki tren peningkatan kasus positif serta angka kasus kematian akibat Covid-19 yang tinggi.

C. Meminta pemerintah daerah untuk menjadikan tren peningkatan kasus positif sebagai rambu peringatan bahwa masih perlunya upaya kuat dan tegas pemerintah dalam memperketat aktivitas atau mobilitas masyarakat guna menekan pertumbuhan kasus positif Covid-19, disamping tetap mengoptimalkan program vaksinasi.

D. Mengimbau masyarakat untuk tidak mengabaikan prokes Covid-19 dan harus meningkatkan kesadaran dalam menerapkan gerakan 3M khususnya saat beraktivitas di luar rumah, sebab dengan menerapkan prokes secara ketat dapat meminimalisir potensi penularan Covid-19, juga turut membantu pemerintah mengendalikan angka kasus aktif positif Covid-19 di tanah Air, dan diharapkan masyarakat turut mendukung program pemerintah untuk vaksinasi Covid-19.

3. Hari TNI Angkatan Udara/AU diperingati pada tanggal 9 April setiap tahunnya, respons Ketua MPR RI:

A. Mengucapkan selamat memperingati Hari TNI AU kepada seluruh TNI AU di Indonesia, agar dapat terus menjadi garda terdepan untuk melindungi ideologi negara, khususnya perlindungan dari sektor udara, serta terus berbakti kepada bangsa dan negara Indonesia.

B. Menyampaikan kepada seluruh prajurit TNI AU agar terus siaga membantu pemerintah untuk menjalankan misi kemanusiaan, seperti dalam hal penjemputan dan pendistribusian alat kesehatan serta kebutuhan logistik ke seluruh penjuru daerah di Indonesia, mengingat di tengah situasi pandemi saat ini, banyak masyarakat yang semakin membutuhkan bantuan dan pertolongan.

C. Mengapresiasi TNI AU yang telah menyiapkan Rumah Sakit dan menugaskan tenaga kesehatan untuk menangani masyarakat yang terpapar pandemi covid-19, serta juga menyampaikan apresiasi kepada prajurit TNI AU yang masih terus terlibat dalam mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan atau Adaptasi Kebiasaan Baru kepada masyarakat Indonesia.

D. Mendorong TNI AU ke depannya dapat terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia/SDM, khususnya selain mampu melindungi dan menjaga pertahanan negara, juga diarahkan untuk mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era digital saat ini.

E. Berharap agar Kementerian Pertahanan bersama DPR RI dapat meningkatkan alokasi anggaran untuk TNI AU ke depannya serta penyerapannya dapat lebih optimal, dikarenakan masih banyak pekerjaan dan peran TNI AU dalam mendukung pertahanan udara Indonesia.

Terima kasih.

Total Views: 107 ,
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *