Respons Isu Aktual Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Kamis 28 Januari 2021

  • Bagikan
  1. Pemerintah daerah di Kalimantan Selatan (Kalsel) memutuskan memperpanjang lagi status tanggap darurat banjir selama tujuh hari kedepan karena banjir di 11 Kabupaten/Kota di Kalsel belum sepenuhnya surut, respons Ketua MPR RI:

A. Mendukung keputusan pemda Kalsel memperpanjang status tanggap darurat banjir di wilayahnya, dengan pertimbangan situasi di lapangan masih membutuhkan penanganan khusus untuk memenuhi kebutuhan dasar bagi para korban banjir.

B. Meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Dinas Sosial daerah untuk terus mengerahkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam menyiapkan dan mendistribusikan bantuan logistik kepada warga terdampak banjir, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pendistribusiannya.

C. Meminta pemerintah dalam hal ini Kemenkes bersama Dinas Kesehatan setempat untuk terus bersiaga dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada warga terdampak banjir, mengingat kondisi saat ini menyebabkan banyaknya warga terdampak terkena penyakit.

D. Meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) bersama pemda setempat untuk segera membuka akses sekaligus memperbaiki jalan yang rusak, guna mempermudah proses distribusi bantuan.

E. Meminta pemda setempat untuk terus mengontrol dan mengevaluasi kondisi tanggap darurat bencana di wilayah Kalsel dengan mempertimbangkan kondisi dan situasi serta kebutuhan para warga terdampak, sehingga kedepannya pemda dapat mengambil kebijakan yang lebih tepat.

  1. Selain penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), pemerintah menyiapkan strategi baru untuk mengatasi penyebaran Covid-19 yakni karantina wilayah terbatas, respons Ketua MPR RI:

A. Mendukung upaya pemerintah yang telah menyiapkan strategi baru dalam mengatasi penyebaran Covid-19, namun harus dipertimbangkan kondisi sosial dan ekonomi wilayah setempat dan diharapkan strategi baru tersebut dapat efektif menekan angka kasus aktif Covid-19.

B. Meminta pemerintah pusat berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam mengatur teknis pelaksanaan karantina wilayah terbatas, sehingga dapat segera diterapkan hingga tingkat pemerintahan desa RT/RW.

C. Meminta pemerintah daerah sungguh-sungguh memberlakukan karantina wilayah terbatas secara optimal, disamping menegakkan protokol kesehatan secara ketat.

D. Meminta pemerintah untuk secara berkala mengevaluasi perkembangan kasus Covid-19 serta menyiapkan langkah dan strategi-strategi khusus dalam menekan penyebaran kasus Covid-19 di tanah air.

  1. Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengatakan potensi kasus COVID-19 yang under-reported atau kurang dilaporkan masih ada, respons Ketua MPR RI:

A. Meminta pemerintah agar segera menyelesaikan kendala yang menyebabkan hal tersebut terjadi, mengingat pentingnya pendataan yang valid dan akurat mengenai covid-19, sehingga informasi yang disampaikan secara konprehensif.

B. Meminta pemerintah meningkatkan sistem pendataan dari hasil testing dan tracing covid-19, sehingga setiap harinya dapat diperoleh data covid-19 yang riil untuk dilaporkan.

C. Meminta pemerintah menambah jumlah laboratorium rujukan untuk menambah kapasitas testing, dan memastikan tracing dilakukan dengan manajemen dan SDM yang baik.

D. Meminta pemerintah juga meningkatkan kualitas dan pelayanan kesehatan atau treatment bagi pasien covid-19, salah satunya menambah jumlah tempat tidur khusus atau ruang isolasi bagi pasien covid-19.

Terimakasih.

Total Views: 30 ,
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *