Respons Isu Aktual Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Senin 4 Januari 2021

  • Bagikan
  1. Telah tiba 3 juta dosis vaksin produk Sinovac di Tanah Air (3/1) dan mulai didistribusikan dari gudang penyimpanan PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat ke 34 Provinsi, respons Ketua MPR RI:

A. Meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama pemerintah daerah khususnya di 34 Provinsi tersebut untuk dapat memastikan prioritas pemberian vaksin dan juga sejumlah persiapan yang perlu dilakukan di daerah agar pelaksanaan vaksinasi berjalan sesuai target pemerintah, antara lain penyediaan fasilitas cold chain atau rantai dingin untuk penyimpanan dan distribusi lebih lanjut, pemutakhiran data penerima vaksin, serta pelatihan bagi petugas yang akan melaksanakan imunisasi.

B. Mendorong Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) segera mengeluarkan izin untuk pemakaian/penggunaan vaksin, diharapkan juga pemerintah dalam hal ini Kemenkes bersama pemerintah daerah dan Satgas Penanganan Covid-19 menggencarkan program simulasi vaksinasi Covid-19 secara bertahap disamping melakukan sosialisasi terkait vaksin, dengan tujuan untuk membantu membangun keahlian sehingga program vaksinasi bisa dilakukan tanpa kesalahan serta berjalan lancar sesuai target pemerintah.

C. Mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah meningkatkan koordinasi dalam melakukan pendataan para penerima vaksin Covid-19 secara berkala dengan tetap memprioritaskan tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanganan Covid-19, sehingga didapat data valid dan program vaksinasi nantinya dapat didistribusikan secara merata.

D. Meminta pemerintah untuk dapat memberikan jaminan keamanan vaksin Covid-19 bagi masyarakat dengan bersikap terbuka dan transparan dalam menyampaikan seluruh informasi mengenai kandungan yang terdapat dalam vaksin Covid-19 maupun terkait perkembangan vaksin Covid-19, sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat ketika mengikuti program vaksinasi tersebut.

E. Meminta seluruh pihak untuk bersabar menunggu hasil uji klinis vaksin Covid-19 dan izin penggunaan darurat penggunaan vaksin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), guna menjamin keamanan vaksin yang akan diberikan.

F. Mengajak masyarakat untuk ikut menyukseskan dan mendukung kelancaran program vaksinasi Covid-19 pemerintah, serta meminta kepada seluruh pihak untuk tidak bersikap skeptis terhadap vaksin Covid-19, dan tidak mudah terpengaruh dengan berita-berita yang menyesatkan.

  1. Di awal tahun 2021 kondisi cuaca sebagaimana disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan terjadi hujan lebat yang terus mengguyur menyebabkan banjir di sejumlah daerah, seperti di Aceh, Sumatera Utara, dan Jawa Tengah, respons Ketua MPR RI:

A. Meminta pemerintah pusat, pemerintah daerah dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan untuk menghadapi bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan tanah longsor guna mempersiapkan upaya maupun langkah antisipasi dalam menghadapi bencana susulan lainnya.

B. Mendorong BNPB, BPBD, dan Badan Meteorologi, BMKG terus mengupdate informasi cuaca dan memperingatkan serta menyosialisasikan kepada masyarakat agar dapat melakukan langkah mitigasi dalam meningkatkan kemampuan menghadapi ancaman bencana, khususnya masyarakat yang tinggal di daerah-daerah yang berpotensi terdampak dari besarnya frekuensi curah hujan.

C. Meminta BNPB, BPBD dan pemerintah daerah khususnya di sejumlah daerah yang terdampak bencana hidrometeorologi untuk dapat mempersiapkan tempat-tempat pengungsian yang sesuai dengan protokol kesehatan, dan dapur umum serta tetap memastikan para pengungsi menerapkan 3M selama berada di tempat pengungsian. Sebagai upaya dalam menghindari timbulnya kluster penyebaran Covid-19 yang berasal dari lokasi pengungsian.

D. Mendorong pemerintah melakukan langkah mitigasi bencana melalui sarana edukasi dan pendidikan kepada masyarakat mengenai kebiasaan membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan lingkungan sekitar, terutama di lingkungan tempat tinggal sehingga dapat meminimalisir terjadinya bencana seperti banjir ataupun tanah longsor, dan juga diharapkan semua pihak untuk tidak menebang pohon sembarangan serta tidak membuat bangunan di bantaran kali.

  1. Pemerintah terus berupaya menekan kasus covid-19 pasca libur Natal dan Tahun Baru, respons Ketua MPR RI:

A. Mendorong pemerintah untuk mengevaluasi progres pasca libur Natal dan Tahun Baru untuk empat belas hari kedepan, agar dapat diketahui pesebaran covid-19 setelah masa inkubasinya, serta dapat menentukan kebijakan penanganan covid-19 yang tepat bagi masing-masing daerah.

B. Mendorong pemerintah konsisten dan meningkatkan 3T, yakni testing, tracing, dan treatment, disamping tetap meningkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan, dikarenakan sejumlah daerah, seperti DKI Jakarta mencatat terdapat lonjakan pasien aktif covid-19 dalam dua pekan terakhir.

C. Meminta masyarakat disiplin menerapkan 3M, yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, serta menjaga jarak, dan tidak melakukan bepergian atau keluar rumah jika tidak penting, agar dapat mencegah terjadinya dampak penyebaran covid-19, terlebih setelah libur Natal dan Tahun Baru.

D. Mendorong pemerintah memperhatikan persentase kasus aktif covid-19, dikarenakan pasca libur Natal dan Tahun Baru 2021 berpotensi terjadi penambahan kasus yang juga dapat berdampak pada semakin terbatasnya jumlah tempat tidur isolasi dan tempat tidur intensive care unit/ICU di rumah sakit rujukan Covid-19.

E. Mendorong pemerintah untuk mempertimbangkan melakukan pembatasan sosial berskala besar/mikro di sejumlah wilayah apabila diperlukan, khususnya di daerah-daerah yang mengalami kenaikan kasus baru covid-19 atau yang masih terus berada di zona merah covid-19.

Terimakasih.

Total Views: 29 ,
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *